panorama alam

Rabu, 14 Maret 2012

Air Merambat Roro Kuning


Air Merambat Roro Kuning Desa Bajulan terletak kurang lebih 23km selatan Kota Nganjuk,Jawa Timur. Air Merambat Roro Kuning merupakan kawasan hutan pinus yang indah yang Memiliki sungai yang jernih dan air terjun yang menakjubkan di antaranya: Air Terjun Roro Kuning yang dekat dengan museum Panglima Sudirman. Air Terjun Pacoban Ngunul setinggi + 75m dan pacoban Lawe + 95m
Wisata Indonesia Surga Dunia
Sejarah

Nama Roro Kuning berasal dari Ruting dan Roro Kuning putri raja Kadiri dan Dhoho yang berkuasa sekitar abad ke 11-12. Ruting yang aslinya bernama Dewi Kilisuci dan Roro Kuning yang sebenarnya Dewi Sekartaji adalah putri semata wayang Lembu Amiseno dari Kerajaan Doho.

Ketika kedua putri raja itu sakit, di kerajaan tidak ada yang bisa menyembuhkan. Runting sakit kuning dan Roro Kuning sakit gondok dan kulit. Untuk mencari kesembuhan kedua putri raja mengembara masuk keluar hutan belantara, naik gunung turun gunung dan akhirnya singgah di lereng Gunung Wilis Desa Bajulan. Ketika sedang merenungi nasibnya sang putri bertemu dengan Resi Darmo dari Padepoan Ringin Putih desa Bajulan.

Di sinilah dua putri raja dirawat dan diberi obat ramuan tradisional oleh sang Resi yang sakti. Dengan ramuan dedaunan, sakit putri raja akhirnya bisa sembuh. Dalam proses penyembuhannya, putri Runting dan Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh sang Resi menjadi nama air terjun.

Aksesbilitas

Berjarak ± 23 km ke selatan dari kota Nganjuk dengan kondisi jalan menuju lokasi wisata ini sudah beraspal bagus dengan lebar sekitar 7-10 meter.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari terminal Nganjuk naik mini bus jurusan Nganjuk-Kediri turun di Loceret dengan ongkos Rp 4.000/orang. Dari Loceret naik angkot atau jasa ojek. Untuk ongkos ojek pulang pergi sekitar Rp 50.000/orang.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 2.000/orang. Biaya parkir sepeda motor Rp 1.000/buah dan Rp 5.000/mobil.

Fasilitas dan Akomodasi

Dikawasan obyek wisata tersebut sudah dilengkapi dengan kolam renang, kamar mandi dan wc, tempat istirahat, tempat parkir luas, area kemping, kios makanan/minuman dan souvenir. Juga dilokasi ini terdapat pusat penangkaran rusa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar